Menikahlah agar cinta bersemi by Ust. Salim A. Fillah

“And marry the unmarried among you and the righteous among your male slaves and female slaves. If they should be poor, Allah will enrich them from His bounty, and Allah is all-Encompassing and Knowing.”
(An-Nur [24:32])
Allah menjamin rezeki yang cukup dalam pernikahan,
karena menikah itu membuka pintu rezeki.

Assalamualaikum teman-teman semua,

Sudah di usia yang pantas untuk menikah? sudah ingin menikah atau masih belum punya keinginan?? Memang apa pentingnya pernikahan??? Ingin menikah tapi masih bingung bagaimana niat yang baik???? atau sudah ingin menikah tapi belum memiliki kemampuan?????
Don’t be panic! Tenang saja BUJANG… Yuk kita lihat jawabannya pada hasil rangkuman kajian Ust. Salim di bawah ini. Cuuus!!

Pertama-tama kita harus memahami dulu bahwa diperlukan keseimbangan dalam hidup ini antara ibadah dan urusan dunia. Seperti Rasulullah SAW adalah orang yang paling bertaqwa. Beliau Shalat namun tetap tidur, puasa tapi tetap berbuka, juga menikah dan berkeluarga.

Dan sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

اَلنِّكَاحُ مِنْ سُنَّتِي فَمَنْ لَمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي، وَتَزَوَّجُوْا، فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأُمَمَ، وَمَنْ كَانَ ذَا طَوْلٍ فَلْيَنْكِحْ، وَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَعَلَيْهِ بِالصِّيَامِ فَإِنَّ الصَّوْمَ لَهُ وِجَاءٌ.

“Menikah adalah sunnahku. Barangsiapa yang enggan melaksanakan sunnahku, maka ia bukan dari golonganku. Menikahlah kalian! Karena sesungguhnya aku berbangga dengan banyaknya jumlah kalian di hadapan seluruh ummat. Barangsiapa memiliki kemampuan (untuk menikah), maka menikahlah. Dan barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa karena puasa itu adalah perisai baginya (dari berbagai syahwat).

(https://almanhaj.or.id/3234-pernikahan-adalah-fitrah-bagi-manusia.html)

Dan dari beberapa sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah seperti : Memangkas kumis, bersiwak, mencukur bulu ketiak, memelihara jenggot dll, juga ada menikah di dalamnya. Adanya akad di dalam pernikahan menjadi sesuatu yang sakral seperti akad pertama yang dilakukan Adam dahulu di dalam surga. Selain itu ada beberapa hal yang membuat menikah itu sangat penting, sebagai berikut :

1. Nikah adalah sunnah para nabi
2. Akad Pertama
3. Mitsaqan ghalizha
4. Menyempurnakan separuh agama / Nisfuddin

“Siapa yang diberi karunia oleh Allah seorang istri yang solihah, berarti Allah telah menolongnya untuk menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu, bertaqwalah kepada Allah setengah sisanya. (HR. Baihaqi 1916).”

Mungkin para bujang dan bujangwati sudah mendengar beberapa hal tersebut. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan soal mitsaqan ghalizha, karena ini cukup menarik untuk dibahas dan kemungkinan kalian belum mengetahui (sama seperti saya sebelum denger kajian ini hehe).
Jadi, Mitsaqan ghalizha ini adalah sebuah perjanjian suci atau bisa dibilang perjanjian yang berat. Kenapa berat? dikarenakan dahulunya Allah menggunakan perjanjian ini untuk sesuatu yang sangat “berat”, yaitu:
1. Perjanjian Allah dengan para ulul azmi untuk selalu sabar, teguh, melaksanakan tugas, amanah dan memyampaikan risalah.
2. Perjanjian Allah dengan Bani Israil, dimana pada saat itu Allah mengangkat gunung tsinah diatas mereka. (wadaw.. Amazing yaa.. ku saja ampe mangap pas diceritain ustadznya)
Seberat itu looh.. nah akad dalam pernikahan ini adalah mitsaqan ghalizha yang ke 3, dimana seberat itu akad dari seorang suami/calon suami untuk mengambil istri/calon istri dari walinya.

(yang saya bayangin, bagaimana kalau pas wali jabatan tangan nih sama calon suami nya siap-siap mau akad, terus Allah taroin tuh gunung tsinah diatas kepalanya. apa gak kabur itu orang hehe.. Alhamdulillah nya enggak, tapi ya jadi kita bisa kebayangkan betapa suci dan “beratnya” akad pernikahan itu.)

Next,
Pernikahan itu…
1. Keyakinan manusia terhadap janji Allah
Seperti hadist yang sudah saya tuliskan dipembuka tulisan ini. Bahwa Allah berjanji akan memberikan kecukupan kepada pasangan yang menikah dari karunianya. Mohon diingat bahwa segala ketakutan dan keragu-raguan itu datangnya dari setan. Setan selalu menakut-nakuti manusia dengan kefakiran.
2. Membangun keluarga
Keluarga adalah institusi peradaban paling kecil di dunia. So, kalau kamu mampu menikah dan membangun keluarga dengan baik maka kamu menyumbang pada peradaban manusia yang lebih baik.
3. Menutup salah satu setan untuk menjatuhkan manusia
Pintu apakah ituuuu??? jawabannya bukan pintu kemana sajanya doraemon ya.. apalagi pintu hatinya. haha bukaaannn… jawabannya pintu syahwat! pintu yang paling gampang untuk setan masuk dan menjatuhkan kita. Luar biasanya ketika menikah setan sudah akan sangat sulit untuk menggunakan pintu ini. Karena setiap yang menikah sudah memiliki pasangan halal nya.
Rasain kau tan!!!

Oke, udah kebayang kan betapa suci dan amazingnya pernikahan. tapi berhubung tulisannya udah banyak, insyaAllah saya bakal lanjutin bahasan ini di postingan selanjutnya ya.. saya akan bikin part 2 nya. saya akan bahas lebih banyak soal manfaat dan indahnya pernikahan.

So, please wait for the next post ya!

Wassalamualaikum..

‘Kalau menikah itu adalah ibadah,
maka mungkin ini ibadah terpanjang kita dalam hidup ini :)’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *